Source Code PHP MySQL Aplikasi Ujian Online Berbasis Web CAT

Aplikasi ujian online berbasis web CAT ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL serta framework codeigniter (CI). PHP merupakan bahasa pemrograman server-side scripting artinya proses eksekusi kode program dilakukan disisi server bukan pada client dan juga PHP sering digunakan unuk membuat sebuah situs web yang dinamis. Aplikasi ujian online ini menggunakan beberapa pustaka seperti bootstrap, ajax dan lain-lain.

Aplikasi ujian online dikembangkan oleh Arif, untuk hak aksesnya memiliki tiga level akses yaitu admin, siswa dan guru. Fitur di dalamnyapun dapat menunjang kegiatan ujian seperti mengelola guru, siswa, mata pelajaran, soal ujian dan hasil ujian. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan waktu pengerjaan yang dapat disesuaikan dengan keperluan.

Berikut tampilan antarmuka dari aplikasi ujian online :

Aplikasi Ujian Online Berbasis Web CAT

Aplikasi Ujian Online Berbasis Web CAT



Intalasi
Setelah source code berhasil terunduh, kemudian ekstrak apabila menggunakan XAMPP disarankan gunakan XAMPP versi lawas yang masih mendukung PHP5 dan driver myql, simpan folder ujianonline kedalam folder htdocs, selanjutnya bua database baru dengan nama db_ujian kemudian import file db_ujian.sql yang berada di folder db ke dalam database tersebut. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada file database.php yang ada di direktori application\config.

$db['default']['hostname'] = 'localhost';
$db['default']['username'] = 'root';
$db['default']['password'] = '';
$db['default']['database'] = 'db_ujian';
$db['default']['dbdriver'] = 'mysql';


Gunakan akun berikut untuk dapat masuk ke dalam aplikasi ujian online.
Akun Admin
Username : admin
Password : admin

Akun Guru
Username : guru1
Password : admin

Akun siswa
Username : siswa8
Password : admin

Apabila tertarik dengan aplikasi ujian online berbasis web cat ini dan ingin mempelajarinya ataupun mengembangkannya silahkan diunduh melalui tombol di bawah.

Download Source Code Aplikasi Ujian Online

Password rar : blogbugabagi.blogspot.com


Unduh Via Mediafire

Unduh Via Google Drive

Bingung bagaimana cara mendownload silahkan baca postingan : cara mendownload jika terdapat link yang mati atau file yang corrupt silahkan tulis di kolom komentar atau laporkan pada form kontak klik disini 
Semoga bermanfaat buat temen- temen semua, temen -temen juga boleh untuk mengembangkan sehingga menjadi lebih baik lagi. Dan jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, Share jika bermanfaat ke temen – temenya. Salam Berbagi.

Post a Comment

31 Comments

  1. kak izin buat di pakai di sekolahan boleh tidak ?

    ReplyDelete
  2. kak. kalo boleh tannya ini pake xampp versi berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. XAMPP disarankan gunakan XAMPP versi lawas yang masih mendukung PHP5 dan driver myql

      Delete
    2. kalau kaka pakainya versi berapa.. saya habis coba versi terbaru dan versi 1.6.0 tetapi masih error.. untuk yg versi terbaru import databasenya sudah berhasil tetapi tidak bisa login ke localhost/ujianonline/ kalau versi 1.6.0 gagal saat mengimport databasenya.. mohon pencerahannya kak..

      Delete
    3. Jangan gunakan XAMPP yang versi terbaru karena udah gk mndukung PHP5 dan driver mysql

      Delete
  3. Laman login untuk siswa dan guru apa ka?

    ReplyDelete
  4. om, klo saya upload di hosting gratis ini bsa jalan ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agar bisa dihosting gratis caranya bagaimana ya kak?

      Delete
    2. bisa daftar di penyedia hosting gratis seperti https://id.000webhost.com/ misalnya

      Delete
  5. Replies
    1. bisa, cuman hrus pake Server bsa sewa hosting msalnya

      Delete
  6. Untuk menambah user siswa bagaimana ya min...

    ReplyDelete
  7. Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_pconnect() in C:\xampp\htdocs\ujianonline\system\database\drivers\mysql\mysql_driver.php:92 Stack trace: #0 C:\xampp\htdocs\ujianonline\system\database\DB_driver.php(116): CI_DB_mysql_driver->db_pconnect() #1 C:\xampp\htdocs\ujianonline\system\database\DB.php(149): CI_DB_driver->initialize() #2 C:\xampp\htdocs\ujianonline\system\core\Loader.php(347): DB(Array, NULL) #3 C:\xampp\htdocs\ujianonline\system\core\Loader.php(1172): CI_Loader->database() #4 C:\xampp\htdocs\ujianonline\system\core\Loader.php(153): CI_Loader->_ci_autoloader() #5 C:\xampp\htdocs\ujianonline\system\core\Controller.php(52): CI_Loader->initialize() #6 C:\xampp\htdocs\ujianonline\application\controllers\adm.php(8): CI_Controller->__construct() #7 C:\xampp\htdocs\ujianonline\system\core\CodeIgniter.php(309): Adm->__construct() #8 C:\xampp\htdocs\ujianonline\index.php(202): require_once('C:\\xampp\\htdocs...') #9 {main} thrown in C:\xampp\htdocs\ujianonline\system\database\drivers\mysql\mysql_driver.php on line 92


    kenapa kaya gitu ya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. PHP versi berapa ? disarankan PHP versi 5 dan server yang support driver mysql

      Delete
  8. izin download ya mas!, mksh, semoga berkah!

    ReplyDelete
  9. EKPOR IMPOR SOAL KOQ BLM ADA PAK

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya belum ada fiturnya kak, maaf atas kekurangannya. bia dikembangkan lagi dengan menambah library phpspreadsheet misalnya

      Delete
  10. kalau xampp sudah terinstal gmna ka? bikin data base nya gmna? apakah ada vidio tutorialnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika XAMPP sudah terpasang, jalankan mysql dan localhost di XAMPP. buka browser masukan url localhost/phpmyadmin buat database baru dengan nama db_ujian kemudian import file db_ujian.sql yang ada di folder db ke dalam database tersebut.

      Delete
    2. boleh dicari di Google ataupun di Youtube mengenai cara membuat database dan import database. aku rasa banyak kak

      Delete
  11. cara mengganti gambar backgroundya gimana mas,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masukin aja kode CSS, semisal background-image{url()} atau background color. sesuaikan saja dengan yang kakak pingin.

      Delete