Source Code PHP Kriptografi Enkripsi AES 256 dan Kompresi Huffman pada Berkas Dokumen

Aplikasi web yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP 5 mengenai penerapan kriptografi enkripsi berkas menggunakan AES 256 bit dan kompresi berkas dokumen menggunakan metode Huffman ini mampu untuk mengenkripsi suatu file atau berkas dokumen. Sehingga berkas tersebut tidak dapat diakses atau dibuka apabila tidak mengetahui kuncinya. Melalui aplikasi kriptografi berkas ini proses penyimpanan atau penyampaian suatu berkas dokumen bisa lebih aman dan mencegah dibuka maupun diakses oleh orang yang tidak bersangkutan.

Enkripsi AES merupakan salah satu teknik kriptografi yang populer dan banyak digunakan oleh badan keamanan maupun industri. Kunci emkripsi AES memiliki panjang kunci yang berbeda ada yang 128-bit, 192-bit dan 256-bit. Pada aplikasi ini panjang kunci AES yang diterapkan adalah 256-bit. 

Metode Huffman ini suatu algoritma untuk mengompresi dengan bekerja seperti alat sandi morse. Metode Huffman dilakukan dengan cara membentuk suatu kode dari suatu karakter sehingga karakter tersebut mempunyai rangkaian bit yang lebih singkat dan pendek dibandingkan sebelumnya.

Aplikasi kriptografi enkripsi berkas berbasis web ini dikembangkan oleh Ardhi Fajriansyah, Arief Setiadi dan Freddy Saleh. Fungsi dan fitur pada aplikasi web ini adalah mengenkripsi dan mengkompresi suatu file dokumen menggunakan teknik AES dan Huffman, fitur lainnya adalah mendekripsi file dokumen yang sudah di enkripsi supaya bisa dibuka dan diakses kembali.

Berikut interface dari aplikasi enkripsi dan kompresi berkas ini :

Source Code PHP Kriptografi Enkripsi AES 256 dan Kompresi Huffman pada Berkas Dokumen

Program Kriptografi Enkripsi AES 256  Berbasis WEB

Program Kriptografi Dekripsi (Decrypt) AES 256  Berbasis WEB


Instalasi

Disarankan memakai PHP versi 5. Setelah source code berhasil di download, berikutnya simpan folder encryptdecrypt ke dalam folder htdocs. Langkah selanjutnya buat database baru dengan nama kpp dan impor berkas kpp.sql yang ada di folder database ke dalam database yang dibuat tadi. Untuk melakukan konfigurasi koneksi database terdapat pada berkas koneksi.php.

$konek=mysql_connect('localhost','root','') or die ('server down') ;

mysql_select_db('kkp',$konek) ;

Selanjutnya buka browser dan input url localhost/encryptdecrypt. Untuk bisa mengenkripsi dan mendekripsi perlu login dulu ke dalam aplikasi, kamu bisa gunakan akun di bawah ini.

Akun Login

NIP : 1110001100

Kata sandi : blogbugabagi


Kunjungi juga postingan source code menarik lainnya yang relevan berikut ini :

Apabila kamu tertarik dengan aplikasi ini, kamu bisa men downloadnya secara gratis melalui tombol yang ada di bawah. Gunakan source code dengan bijak untuk keperluan pendidikan.

Download Aplikasi Enkripsi AES & Kompresi Huffman pada Berkas

Password .rar : blogbugabagi.blogspot.com



Unduh Via Google Drive



Unduh Via Mediafire




Kesulitan ketika akan mendownload, silahkan simak cara mendownload terlebih dulu. Jika terdapat link yang mati atau berkas corrupt silahkan beritahu di kolom komentar atau di form kontak.

Semoga source code ini bermanfaat bagi teman-teman semua dan jangan lupa terima kasih juga bagi yang mengembangkan aplikasi ini. Jika menurut kalian postingan ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman-teman kalian.

Post a Comment

0 Comments