Menentukan Judul Postingan yang Jitu dengan Riset Keyword

Keyword Riset SEO
Sumber Gambar : searchenginejournal

Di dalam SEO riset keyword (kata kunci) sangat penting agar dapat mengetahui segmentasi pasar atau segmentasi kata kunci yang dicari. Hasil dari riset keyword ini bisa diterapkan langung ke dalam sebuah website atau blog sehingga situs website itu menjadi lebih SEO friendly. SEO friendly adalah istilah yang dimana website atau blog akan lebih dikenali oleh search engine sesuai dengan keyword yang ditargetkan.

Untuk memulai riset keyword ada beberapa tahap yang mesti dilakukan sebagai berikut :

Tahap pertama, menentukan bidang produk atau postingan, apakah di bidamg teknologi, fashion, otomotif, makanan, kesehatan ataupun jasa yang lainnya. Misalkan produk itu seputar kesehatan, yakni lidah buaya.

Tahap kedua, adalah menjelaskan atau menjabarkan manfaat produk ke dalam beberapa kalimat pada postingan, sehingga ketika postingan ini dipublikasikan maka betul-betul tersegmentasi dengan baik. Sebagai contohnya jika topiknya lidah buaya, maka lidah buaya itu erat kaitanya dengan khasiat lidah buaya bagi kesehatan ataupun khasiat lidah buaya dalam merawat rambut.
Sehingga keyword utama adalah tentang kesehatan dan perawatan rabut, Dari sini maka sudah didapatkan siapa yang akan melihat postingan, lidah buaya. Setelah itu lanjutkan dengan meriset keyword dengan menggunakan alat bantu atau tools yang tersedia.

Tahap ketiga, merupakan eksperimen dalam mendapatkan keyword-keyword yang jitu dan ampuh. Ada beberapa keyword research tool yang dapat digunakan dalam memberikan saran mengenai keyword yang dapat digunakan, seperti Google keyword planner, Google trends, Google suggest, Keyword tracker dan sebagainya.

Google Keyword Planner / Ads

Google keyword planner yang sekarang berganti nama menjadi google ads ini biasanya dipergunakan untuk menentukan keyword ketika akan beriklan di google ads.


Google Trends

Dengan menggunakan google trends akan sangat membantu dalam meriset sebuah keyword yang kini sedang ramai dicari orang dan mengelompokan hasil keyword berdasarkan lonjakan traffic dan lokasi regional.

Silahkan buka situs google trends (trends.google.com)

Google Trends


lalu masukan keyword yang akan diriset, misalkan lidah buaya dan atur lokasi negara yang sesuai dengan segmentasi pasar nanti. Maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.

Riset Google Trends


Dari kata kunci lidah buaya, maka akan didapatkan keyword teratas adalah manfaat masker lidah buaya sebelum tidur, cara menghilangkan panu dengan lidah buaya. Bahkan dapat mengetahui provinsi mana yang paling banyak melakukan penelusuran dengan keyword lidah buaya.

Eksperimen dapat diulang dengan meggunakan google trends berdasarkan hasil temuan dari keyword-keyword tersebut. Hasil dari riset keyword ini bisa diterapkan pada website atau blog, sehingga nantinya ketika ada orang mencari dengan kombinasi keyword tersebut maka situs anda diharapkan dapat tampil nantinya.


Google Suggest

Google sugget merupakan fasilitas dalam pencarian dimana, di dalam google suggest berisi saran pencarian. Saran dari google suggest ini merupakan hasil keyword yang telah banyak dicari orang ditambah banyak orang yang memanfaatkan saran dari google suggest dalam melakukan pencarian.

Misalnya menggunakan kata kunci tomat lalu buka Google dan inputkan kata kunci tomat.

Google Suggest


Maka akan didapatkan saran pencarian, urutan yang di atas merupakan yang paling dicari sedangkan yang di bawah yang sedikit dicari. Maka hasil dari google suggest tadi dapat digunakan dalam memetakan keyword yang sesuai.

Post a Comment

1 Comments

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk sementara karena ada beberapa komentar yg mengandung spam porno. Jadi komentar tidak akan langsung muncul sebelum disetujui.
Dilarang berkomentar yang mengandung porno, judi, spam, rasis, promosi iklan dan sara.
Form komentar akan di nonaktifkan setelah komentar mencapai 30 komentar lebih.